Membuat Tempat Minum Dari Labu - cara membuat kreasi kerajinan

Membuat Tempat Minum Dari Labu

Membuat Tempat Minum Dari Labu

Membuat Tempat Minum Dari Labu

Membuat Tempat Minum Dari Labu

Membuat Tempat Minum Dari Labu-sebuah wadah minum dari ayah mertuanya yang tinggal di Garut. Bukan seperti kebanyakan wadah minum yang terbuat dari plastik, melainkan terbuat dari labu botol (holo) yang disebut labu kukuk. Seperti julukannya ,  labu jenis ini memang mirip botol bulat. Berbeda dengan semangka atau labu siam, kulit labu botol cukup keras dan tetap mulus ketika kering. Inilah sebabnya labu ini bisa digunakan sebagai wadah minuman. Bagi penggemar film laga Mandarin, labu ini pasti tidak asing. Sebab, Jackie Chan menggunakannya saat  membintangi film “Drunken Master”.

Membuat Tempat Minum Dari Labu

  • Proses pembuatan tempat minum dari labu ini cukup lama. Dari mulai pengeringan, membuang isi, hingga melapisi dengan pernis bisa makan waktu tiga bulan. Sebab, labu harus benar-benar kering. Kalau tidak bisa membusuk,” kata Undang.
  • Untuk membuang isi, labu terlebih diisi air sehingga bagian dalam melunak. Setelah lunak, bagian isi dicungkil sedikit demi sedikit menggukan alat khusus. Untuk pengeringan, Undang menjemur labu di bawah sinar matahari. Kendalanya adalah ketika musim hujan. ”Labu saya keringkan menggunakan api,” ujar Undang.
  • Produk kerajinan ini ia pajang di kios tanaman hiasnya di pinggir jalan raya Bandung – Lembang. Satu labu ia jual Rp 30.000 tanpa memperhitungkan ukurannya. ”Sebab, labu besar atau kecil, kesulitan pembuatan sama saja,” kata Undang. Selain pemasaran langsung, ada juga pedagang kerajinan yang mengambil dari Undang dan menjualnya di kawasan wisata Tangkuban Parahu.
  • Sebagai barang kerajinan, Undang mengaku tingkat penjualan wadah minuman ini tidak menentu. ”Kadang banyak yang membeli, kadang hanya satu dua saja,” kata Undang enggan menyebut angka. Toh, Undang mengaku perekonomian keluarganya cukup terbantu dengan usaha kerajinan ini.
Membuat Tempat Minum Dari Labu

Membuat Tempat Minum Dari Labu

”Pernah ada pembeli dari Surabaya yang memborong semua labu yang dipajang. Jumlahnya hampir 200 labu,”. Serta juga pernah mendapat pesanan labu yang dihiasi lukisan gambar naga. Namun, karena kerumitan, labu dengan hiasan hanya ia buat berdasarkan pesanan.

Sayangnya, tidak mudah untuk memenuhi pesanan dalam jumlah besar. Kendala utama adalah ketersediaan bahan baku. Maklum, ia masih mengandalkan labu dari luar Bandung, seperti Ciamis, Garut, dan Sumedang. Karena bukan tanaman utama, ia jarang mendapatkan labu dalam jumlah banyak. ”Apalagi, kalau masih muda, labu ini enak dimasak untuk sayur,” kata Undang.

Menanam labu kukuk di Lembang tetapi hasilnya tidak bagus. ”Biji memang mau tumbuh tapi hanya subur daunnya. Kalaupun berbuah, sering busuk sebelum masak. Mungkin cuaca kurang cocok,”.

Artikel Membuat Tempat Minum Dari Labu semoga bisa menjadi inspirasi Anda untu mencobanya.

Artikel yang terkait Membuat Tempat Minum Dari Labu, bahan membuat kerajinan tempat minum, cara membuat kreasi tempat minum labu unik, bahan membuat kerajinan tempat minum unik

Artikel di cari :

motif labu talikur, ukiran labu untuk hantaran, cara bikin kerajinan dari tempat minuman, cara membuat kerajinan bahan botol minum, cara membuat makrame tempat botol, cara membuat tempat minum dari gelas ale ale

Membuat Tempat Minum Dari Labu | Felyza Sechan | 4.5